Friday, 8 August 2014

Google tambahkan fitur berupa Kurs Bitcoin

Bitcoin atau mata uang digital semakin populer belakangan ini. Bitcoin pertama kali dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Meski pada awalnya tidak populer, tapi seiring dengan berjalannya waktu Bitcoin semakin populer sehingga masyarakat ingin lebih mengenal tentang Bitcoin.

Jika Anda bertanya-tanya berapa nilai mata uang Bitcoin, maka sekarang Anda bisa bertanya pada Google. Google baru saja menambahkan fitur baru yang berupa nilai tukar Bitcoin terhadap berbagai mata uang berbagai negara, termasuk USD dan Rupiah. Menurut kurs Google saat ini, 1 Bitcoin memiliki nilai tukar setara dengan $583.98 atau sekitar Rp 6.952500.95

Meskipun banyak negara yang mengakui Bitcoin sebagai mata uang seperti Amerika Serikat memperbolehkan Bitcoin beredar sebagai transaksi elektronik, tetapi ada juga sejumlah negara yang menolak Bitcoin sebagai mata uang. Rusia dan Islandia adalah negara-negara yang melarang penggunaan Bitcoin . Menurut bank sentral Islandia, transaksi dengan Bitcoin dianggap illegal setelah runtuhnya sistem perbankan pada tahun 2008 Sedangkan Rusia mengganggap Bitcoin membuka peluang kejahatan.

Sedangkan di Indonesia Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan peraturan baru seputar mata uang digital ini, dan Bank Indonesia tidak melarang peredaran mata uang digital ini karena Bank Indonesia mengganggap Bitcoin bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia, sehingga tidak ada larangan untuk peredarannya. Tetapi masyarakat diminta untuk berhati-hati sendiri dengan keamanan transaksinya. Segala resiko ditanggung oleh pengguna/pemilik Bitcoin sendiri.

Hal ini merupakan signal positif bagi komunitas Bitcoin di Indonesia, sebab pemerintah bersikap netral terhadap Bitcoin.


No comments:

Post a Comment